1. Tujuan
Membuat animasi pertama menggunakan adobe flash professional
2. Alat
Adobe Flash Professional CS5.5
3. Dasar Teori
Ada beberapa dasar teori yang bisa digunakan sebagai petunjuk
(guidance) dalam pembuatan stickman berjalan, antara lain
1.
Pose
2.
Timing
3.
Inbetween
1. Pose
Berikut adalah pose-pose yang perlu ada dalam sebuah walk.
Seringkali disebut dengan walk cycle. Dinamakan cycle karena pose ini dipilih
sedemikian rupa sehingga pose terakhir identik dengan pose awal sehingga bisa
disusun menjadi sebuah siklus tanpa henti.
Perhatikan bahwa ada 4 pose yang diperlukan, yaitu contact, down, passing, dan up.
Untuk mempermudah proses belajar, ada baiknya jika fokus pada pergerakan kaki dahulu. kemudian baru dilanjut bagian tubuh yang lain pada kesempatan berikutnya.
2. Timing
Timing yang dimaksud adalah jumlah frame yang diperlukan untuk
menghasilkan animasi yang diinginkan. Timing juga berhubungan dengan durasi
animasi yang diinginkan, apakah cepat atau lambat. Yang perlu diingat, untuk
memperlambat animasi, tidak dilakukan dengan cara mengubah setting FPS, akan
tetapi dengan cara mengubah jumlah frame yang dibuat. Dalam animasi baik 2D dan
3D, standar FPS adalah 24.
Untuk walk cycle, ada beberapa timing yang bisa digunakan tergantung jenis walk yang diinginkan
normal walk: 12 frame (0.5 detik)
cartoon walk: 8 frame
Timing yang relatif mudah untuk keperluan belajar adalah 8 frame. Dengan spesifikasi berikut,
pose contact –> frame 1
pose down –> frame 3
pose passing –> frame 5
pose up –> frame 7
pose contact –> frame 9
Untuk walk cycle, ada beberapa timing yang bisa digunakan tergantung jenis walk yang diinginkan
normal walk: 12 frame (0.5 detik)
cartoon walk: 8 frame
Timing yang relatif mudah untuk keperluan belajar adalah 8 frame. Dengan spesifikasi berikut,
pose contact –> frame 1
pose down –> frame 3
pose passing –> frame 5
pose up –> frame 7
pose contact –> frame 9
berikut adalah susunan keyframe pada timeline
berikut adalah tampilan onion skin dari 4 pose dasar walk cycle
4 basic walk cycle in onion skin
3. Inbetween
4 pose hanya bisa untuk 4 keyframe. Sedangkan untuk walk cycle
dengan timing cartoon, perlu 8 frame. Sehingga perlu 4 tambahan frame atau 1
tambahan perantara frame yang biasa disebut dengan inbetween. Proses pembuatan
inbetween sangat sederhana.
1.
Cukup aktifkan onion sehingga bisa tampak keyframe frame
sebelumnya dan frame setelahnya. Sebagai contoh, berikut adalah kondisi frame 2
saat masih baru ditambahkan empty keyframe dengan mode onion skin aktif.

onion skin
2. Tambahkan
gambar yang mewakili pertengahan dari kedua frame tersebut. Berikut adalah
contoh hasil penambahan inbetween untuk keyframe pada frame 2.
hasil
proses inbetween
3. Ulangi
langkah tersebut untuk menambahkan keyframe pada frame 4, 6, dan 8. Sehingga
diperoleh keyframe untuk masin-masing frame seperti berikut ini
1 frame
1 keyframe
4. Tugas Praktikum
1.
Buatlah sebuah stickman. Bisa menggunakan line tool dengan
ketebalan stroke 8
2.
Animasikan stickman tersebut sehingga terlihat berjalan
5. Hasil Praktikum
6. Kesimpulan
Untuk
dapat membuat walk cycle dibutuhkan ketelitian, ketelatenan dan kesabaran. Saat
melihat videonya bisa dibilang itu mudah, akan tetapi saat mencobanya sendiri
itu rumit dan membutuhkan ketelatenan.
7. Referensi
1. Richard Williams, The Animator’s Survival Kit: A Manual of
Methods, Principles and Formulas for Classical, Computer, Games, Stop Motion
and Internet Animators
2. Andrew, Walk Cycle Poses
2. Andrew, Walk Cycle Poses
3. http://www.mohhasbias.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar