1. Tujuan
Praktikum ini bertujuan untuk mengenal teknik 3D modeling yaitu Polygon Modeling.
2. Alat
Cinema 4D R16
3. Bahan
tanpa bahan
4. Dasar Teori
- Polygonal Modeling, merupakan modeling yang terdiri dari vertices(vertex/titik), yang jika disambungkan akan membentuk sebuah edge(garis), sehingga jika disambungkan dengan edge lain dapat membentuk sebuah face (bidang). Bidang yang dibentuk oleh vertex, edges maupun face ini salah satunya adalah primitive objek yang juga termasuk dalam teknik pemodelan.
- Subdivision Surface merupakan teknik yang pertama dikenalkan oleh Ed Catmull dan Clark dari Pixar pada tahun 1978. Awalnya teknik ini hanya digunakan untuk merepresentasikan bidang yang halus, namun belakangan dimanfaatkan bersamaan dengan teknik yang bernama sculpting (pahat), sehingga memungkinkan seseorang memahat objek 3D dalam bentuk digital.
- Smooth Shift tool dalam Cinema 4D adalah tool yang bekerja dengan cara yang mirip dengan Extrude, tetapi tetap mempertahankan semua elemen yang dipilih dalam satu grup. Selama extrusion yang normal Anda dapat menentukan titik perbatasan di luar yang kelompok poligon tidak ditangani sebagai grup-grup, melainkan sebagai objek-objek individu.
5. Tugas Praktikum
Tirukan petunjuk praktikum yang diberikan
6. Petunjuk Praktikum
- Target Aset yang akan dibuat
- Membuat bentuk polygon dasar
- Memperhalus bentuk menggunakan subdivision surface
7. Hasil Praktikum
8. Kesimpulan
Pada praktikum kali ini, kelihatannya susah namun pada akhirnya saya mulai mengerjakannya dan awalnya memang susah. apalagi di video tutorialnya suara tidak terdengar, namun lama-lama saya fokus dan mulai terbiasa dan alhamdulillah saya bisa menyelesaikan praktikum kali ini.
Pada praktikum kali ini, kelihatannya susah namun pada akhirnya saya mulai mengerjakannya dan awalnya memang susah. apalagi di video tutorialnya suara tidak terdengar, namun lama-lama saya fokus dan mulai terbiasa dan alhamdulillah saya bisa menyelesaikan praktikum kali ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar