Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Secondary Assets dan Movement. Pada praktikum ini, penambahan movement diperdetail dengan menggunakan F-Curves.
2. Alat
Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16
3. Bahan
hasil praktikum sebelumnya http://imeldaaaa.blogspot.co.id/2016/03/prak-02-camera-path-lighting-and.html
asset sekunder download
4. Dasar Teori
- Secondary assets adalah penggunakan objek lama yang digunakan kembali pada animasi yang baru namun tidak berperan lagi sebagai objek utama. Fungsi dari secondary assets adalah hanya sebagai objek tambahan pada animasi baru.
- F-Curve Editor berfungsi untuk mengontrol animasi pada hampir semua elemen, termasuk material dan parameter world dengan mengontrol curva animasi. Key frame dihubungkan oleh garis curva, dalam F-Curve Editor. Titik pada F-Curve Editor merupakan key frame. Sumbu X pada F-Curve Editor mewakili key frame, sedangkan yang diwakili oleh sumbu Y bergantung pada parameter yang dianimasikan.
5. Tugas Praktikum
Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, lakukan hal berikut:
- Tambahkan secondary Assets
- Tambahkan kompleksitas gerakan pada asset utama (logo)
- Haluskan gerakannya menggunakan F-Curves
6. Petunjuk Praktikum
Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum
- Menambahkan secondary assets menggunakan cloner dan helix path
- Menambahkan kompleksitas gerakan assets utama (logo)
- Memperhalus gerakan menggunakan F-Curves
8. Kesimpulan
Pada praktikum kali ini, saya merasa sangat bingung karena proxy internet di kampus sedang error. Ditambah lagi saya mempunyai kendala karena jika dikerjakan diuar jam praktikum, saya tidak memiliki aplikasi cinema 4d dan time lapse assembler karena laptop saya kemungkinan tidak kuat.
9. Referensi
Logo Animation in Cinema 4D and After Effects
http://www.mohhasbias.com/prak-03-secondary-assets-logo-movement-f-curves/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar